thono




.HOME
.IMAGE
. KONTAK

.TEST



Jumat, 23 Desember 2011

Kelebihan Ubuntu Dan SlackWarE

Ada joke yang mengatakan arti Ubuntu dalam bahasa Afrika adalah “Slackware is too hard for me”, temen2 Slacker juga ga pada mo kalah, ikut2an bikin juga arti dari kata Slackware dalam bahasa Afrika yaitu “Ubuntu is too easy for me”.

This time, ane ga coba membandingkan antara kedua OS tersebut…. hmm… ga membandingkan seh sebenernya, sekedar review berdasarkan apa yang ane rasakan selama pake kedua OS tersebut dan reviewnya bukan review serius, just for fun aja… Ubuntunya di wakili si Jaunty alias Ubuntu 9.04, dan Slackwarenya emang ga pure Slackware alias diwakili oleh Adiva atau biasa dikenal dengan istilah versi personalnya Zencafe, nah di Adiva yang sedikit banyak udah di make over aja masih ada beberapa hal yang kurang memadai buat di sandingkan dengan Ubuntu, tapi disisi lain Slackware/Adiva ini memiliki kelebihan yang ga di punya Ubuntu. Adiva, distro yang ampe sekarang ga pernah rilis2 ke publik tapi isonya udah beredar kesana kemari :P kekekkeke…

Screenshot Adiva

[simage=38,320,no,clear]

Screenshot Jaunty

[simage=39,320,no,clear]

BEAUTY BY DEFAULT

Klo bicara soal cantik bawaan, Ubuntu ibarat cewek kota dengan dandanan yang aduhai bikin siapapun ingin mengenalnya. Bahkan orang yang belum pernah mengenal keluarga Linux pun sedikit banyak akan tergiur pada saat melihat si cewek kota yang aduhai ini. Berbeda dengan Slackware, tipikal gadis desa yang sederhana, naturally klo kata orang punya inner beauty yang bikin orang kesemsem klo udah pernah mengenalnya. But buat orang yang belom kenal ni distro terutama yang biasa bergaul dengan cewek matre bernama Windos ane rasa kurang berminat untuk mengenal ni gadis desa.

GAUL ABIS

Soal pergaulan pastilah ada bedanya, sang cewek kota ini sangat terbuka orangnya, gampang bergaul dengan berbagai hardware bahkan klo punya modem 3G hampir bisa dipastikan bakal di kenal ma ni cewek sampe providernya segala. Sang gadis desa? bisa dikatakan dia sedikit ketinggalan soal ini. Di jamin klo bicara hardware seringkali kita harus berkotor2 tangan ngajarin si gadis biar bisa kenal itupun kadang tetep ga cocok ma dia. Ga tau hardwarenya yang ga mo kenal ni gadis desa, atau si gadis desanya agak2 kesulitan untuk belajar mengenal tu hardware.

MAKE OVER

Bicara dandan, si cewek kota relatif lebih asyik di ajak dandan, kita butuh aplikasi tinggal apt-get beres. Sedikit berbeda dengan sang gadis desa, kadangkala kita harus ajarin dengan cara configure; make; make install. Bukan apa2 mungkin karena biasa pake bedak Viva giliran di kasih bedak yang rada bagusan dikit bingung dia. Terutama sekarang mulai banyak software yang menawarkan kemudahan installasi buat sang cewek kota dan hanya menyediakan source code buat sang gadis desa.

KERAS KEPALA

Nah, disini kejelekan si cewek kota, biarpun enak di ajak dandan dan gaul. Kadang kadang suka keras kepala. Pengalaman ane justru si cewek kota agak sulit klo di ajak install aplikasi diluar standar yang dia pake. Mungkin karena biasa terima jadi, giliran disuruh kotor kotor tangan dia ogah. Pada saat ane butuh versi aplikasi diluar standar ada ada alasan yang di pake si cewek kota, GPG nya lah ga sesuai standar dia, dependensinya lah harus ikutan di upgrade, segudang deh alasannya. Jauh berbeda dengan sang gadis desa, sang gadis desa tipikal penurut, aplikasi yang masih bleeding edge pun di hajar, yang penting kita tau gimana cara ngajarinnya beres.

RESOURCE

Klo bicara boros ngganya, yang namanya cewek kota sama gadis desa ane rasa ga perlu terlalu di banding-bandingkan. Ubuntu butuh standar resource lebih tinggi, Slackware sang gadis desa dikasih pc jadulpun jadi, cingcay lah, nerimo wae klo kata orang :D

KESIMPULAN

Wew, udah sampe kesimpulan aja, ya intinya sebenernya ane ngeblog bukan buat nyarankan pake A atau pake B. Kek ane bilang tadi ni sekedar review santai. Yang jelas kontrasnya adalah bisa dikatakan Ubuntu bisa kita ibaratkan cewek kota yang cantik, aduhai dan gaul abis sedangkan Slackware bisa kita ibaratkan gadis desa nan bersahaja. Untuk yang blom pernah nyenggol yang namanya Linux mungkin sebaiknya coba mengenal sang cewek kota yang pada dasarnya udah dandan, gaul dan supel. Untuk yang suka poles poles yg suka ngoprek klo bisa hindari Ubuntu, karena akan sedikit bikin mumet soalnya naturenya memang buat orang yang kenal Linux sekedarnya, ga bisa di ajak ekstrim. So, it’s your choice mau milih yang mana…..

Tidak ada komentar: